Cara Membuat Batik Celup Rintang atau Tutup Celup

TandoesNet.com - Artikel tentang Cara Membuat Batik Celup Rintang atau Tutup Celup, nah kali ini admin bawa artikel yang berbeda dari artikel artikel lainnya, yaitu tentang batik dan cara pembuatannya, Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. 

Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009, sember dari wikipedia bahasa Indonesia. Maka dari itu kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia.

Jangan hanya mengetahui pengertian dan sejarahnya saja, kalian juga harus mengetahui cara pembuatannya, nah kali ini TandoesNet.com akan memberi tahu kalian tentang Bagaimana Cara Membuat Batik Celup Rintang atau Tutup Celup. Ok, langsung saja, kita mesuk ke materi kita, perhatikan baik baik langkah langkah di bawah ini.
Cara Membuat Batik Celup Rintang atau Tutup Celup
Pertama siapkan bahan dan alatnya, yaitu:
  • Kain Mori yang Berjenis Primis dan Primisa
  • Malam
  • Naptol ( Zat Pewarna)
  • Gambar Pola Batik
  • Kaca
  • Pensil
  • Canting
  • Wajan
  • Kompor
  • Seng Berbentuk U

Prosedur Pembuatan Batik Celup Rintang/Tutup Celup
  1. Kain direbus dulu untuk menghilangkan kanjinya.
  2. Kain digambar dengan pensil mengikuti gambar pola dibawahnya, dilanjutkan Nglowongi, artinya dibatik dengan canting dan dibuat pola bolak balik (Istilahnya “Nerusi”).
  3. Diberi Isen-Isen, misalnya cecek, sawut, dan lainnya, jumlah Isen-Isen pada batik ada 65 jenis.
  4. Apabila menginginkan ada bagian berwarna putih ditutup dengan malam istilahnya “Tembokan” ( Sebagai rintangan agar warna tidak masuk ).
  5. Pemberian warna dengan dicelupkan pada bak yang diberi Naptol (Zat Pewarna).
  6. Pengerokan untuk menghilangkan Malam bekas Canting Klowongan dan Isen-Isen,alatnya menggunakn seng berbentuk U.
  7. Pewarnaan kedua dicelup dengan warna Sogan (Coklat).
  8. Menghilangkan Malam dengan direbus dengan istilah “Ngelorod”.

Itulah cara cara membuat batik celup rintang atau tutup celup, sekian dulu artikel admin kali ini, jika ada masalah yang kurang di pahami silahkan hubungi kami melalui via Contact Us. Dan terima kasih juga kepada kalian yang sudah mengunjungi blog kami.

Catatan:
Jika kalian semua para gamer yang mau menonton video video saya bermain game silahkan kunjungi chanel youtube saya "Damonidaz" disana ada berbagai macam video video gaming yang seru yang akan saya mainkan, jangan lupa juga untuk tekan like, komen dan subscribe, Ok!!.... 

Postingan terkait: