Panduan cara membuat Blog gratis di Blogger

Halo sob, apakah kalian pernah berpikir tempat untuk menaruh karya tulisan kita agar bisa di lihat orang banyak di google, namanya apa ya? namanya adalah Blog, Blog adalah tempat dimana kita bisa mempublikasikan sebuah karya berupa tulsian kita agar bisa dilihat dan bermanfaat bagi orang lain. Misalnya tentang blog tutorial, berita, pendidikan ataupun blog gado gado seperti blog saya yang satu ini. Dan bagaimana cara membuatnya? Blog bisa di buat melalui blogger, wordpress, simpelsite dan masih banyak lagi. Tetapi pada artikel saya kali ini saya akan memberi tahu kalian cara membuat blog melalui Blogger. Menurut saya pribadi membuat blog melalui Blogger sangatlah mudah, Blogger juga adalah situs milik google yang sangat di gemari oleh para blogger termasuk blogger Indonesia karena mudah digunakan dan gratis.
(baca juga, Cara membuat blog agar bisa menghasilkan uang)

Sebenarnya membuat blog di Blogger itu caranya mudah sekali, barikut adalah langkah langkah membuat blog di Blogger.

1. Pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus membuat sebuah akun google gmail, karena untuk mengunjungi situs google blogger.com anda perlu sebuah akun, jika anda belum mempunyai sebuah akun email gmail, silahkan buat akun email gmail anda dulu, setelah itu baru masuk ke langkah yang kedua.

2. Setelah anda sudah memiliki akun email gmail, silahkan anda menuju situs blogger.com, yang tampilannya seperti gambat di bawah ini.


3. Sesudah anda masuk ke blogger.com pada halaman blogger terbaru, klik "CREATE YOUR BLOG" yang berada dikotak berwarna Orange yang berada ditengah, setelah anda mengeklik tombol tersebut anda akan menuju ke halaman sigin blogger, disana anda akan disuruh untuk memasukan email gmail yang anda punya beserta passwordnya. sesudah anda login anda akan masuk ke halaman "Konfirmasi profil anda" lalu anda silahkan pilih profil blog anda, setelah itu anda langsung akan masuk ke halaman utama membuat blog seperti di bawah ini.


Pada keterangan gambar di atas akan lebih jelasnya lihat penjelasan di bawah ini.

  • Judul, untuk membuat blog baru anda silahkan buat judul blog anda, judul blog adalah ciri utama blog anda, judul blog usahakan harus sesuai dengan isi blog anda jangan seperti blog saya yang isinya gado gado hehehe... misalnya judul blog anda adalah Berita Terkini, berarti isi blog anda juga harus sesuai dengan judul blog anda tentang berita terkini.
  • Alamat, Keterangan alamat di atas adalah alamat blog anda, bukan alamat rumah anda atau rumah pacar anda hehe.... Silahkan buat alamat blog anda, kalo bisa sesuaikan dengan judul blog anda, jika ada tanda seru (!) berwarna kuning seperti gambar di atas berarti alamat yang anda inginkan itu sudah ada yang menggunakan, terus buat alamat blog anda hingga pada samping kolom alamat bertanda ceklis dan berwarna hijau, berarti itu adalah alamat yang bisa di gunakan untuk blog anda.
  • Template, pilih template terserah anda, nanti templatenya juga bisa di ganti lagi kok gak hanya template yang itu itu aja.

Setelah anda sudah selesai mengisi hal hal tersebut klik "Buat blog!" yang berada di bawah kanan seperti gambar diatas, setelah anda mengeklik tulisan tersebut blog anda sudah aktif dan sudah siap di gunakan. Tapi ingat anda jangan hanya sekedar membuat sebuah blog saja, anda juga harus bisa membuat artikel untuk blog anda agar blog anda bisa aktif. Berikut cara membuat artikel pada blog anda.

Pada menu Pos, Klik tombol Entri yang berada di atas, setelah anda mengeklik tombol entri baru maka akan muncul tampilan editor text seperti gambar berikut.


Nah disitulah tempatnya anda akan membuat sebuah artikel, keterangan nomor :
  1. Disitu adalah tempat untuk membuat judul artikel anda.
  2. Tempat edit text seperti Blod, Italic, Underlined, membuat sebuah link, menyisipkan gambar dan lain lain.
  3. Setelan entri
  4. kolom Publikasikan, Simpan, Pratinjau dan Tutup, disitulah tempatnya untuk mempublikasikan, menympan, pratinjau (melihat hasil tinjauan artikel), dan menutup tempat membuat artikel (edit text).
Begitulah caranya membuat blog serta artikelnya sekaligus, jika ada yang kurang di pahami bisa di tanyakan melalui via Contact Us, dan semoga artikelnya bermanfaat.


Catatan:
Jika kalian semua para gamer yang mau menonton video video saya bermain game silahkan kunjungi chanel youtube saya "Damonidaz" disana ada berbagai macam video video gaming yang seru yang akan saya mainkan, jangan lupa juga untuk tekan like, komen dan subscribe, Ok!!.... 


Postingan terkait: