Cara membuat ponsel Android menjadi kamera CCTV

TandoesNet.com - Artike tentang Cara membuat ponsel android menjadi kamera CCTV, pada era masa kini ponsel Andoid merupakan pegangan di setiap kalangan dari kaum muda hingga tua,
Andoid adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007. informasi bersumber dari Wikipedia Bahasa Indonesia.

Sistem android pun kini diterapkan pada perangkat ponsel masa kini, yang membuat ponsel berbasis Android ini memiliki banyak kelebihan, kelebihan itu bisa kita menfaatkan, seperti pada topik kita kali ini yaitu tentang cara membuat ponsel android menjadi kamera CCTV.

kalian tidak perlu membeli kamera CCTV yang harganya cukup mahal, kalau hanya untuk mengawasi keadaan toko, rumah dan lain lain, kalian hanya perlu modal ponsel android saja yang penting ada kameranya, tidak usah ponsel yang baru dan mahal, ponsel andoid bekas yang harganya murah saja juga bisa di gunakan, yang pinting masih berfungsi dan juga cara membuat kamera CCTV ini tidak menggunakan kabel dan data/paketan (kuota). Tapi ingat jangan di gunakan untuk hal hal yang tidak baik, resiko di tanggung sendiri.

Alat alat yang harus kalian persiapkan adalah:
1. Ponsel andoid, ponsel android di gunakan sebagai kameranya.
2. Laptop, laptop di gunakan sebagai media untuk melihat rekaman videonya secara live(langsung).
Alat yang di gunakan cukup itu saja.

Kita langsung saja masuk ke Langkah langkahnya:

Langkag Pertama:
Pada ponsel android yang ingin kalian gunakan sebagai kamera CCTV, kalian harus mendownload aplikasi yang bernama IP Webcam, kalian dapat mendownloadnya di Google Play Store, setelah kalian selesai mendownload aplikasinya, masuk ke aplikasi dan dapatkan alamat IPnya dengan cara mengeklik tulisan "start server" lalu pilih yes, seperti gambar dibawah ini.


setelah kalian sudah mendapatkan alamat IPnya, alamat IPnya berada bagian "start server" dan berada di bawahnya seperti gambar di bawah ini. contoh alamat IP 192.168.43.1:8080.


Alamat IP yang sudah kalian dapatkan itu, silahkan di salin di buku atau di kertas. jika alamat IPnya sudah kalian salin. kalian keluar dari Aplikasi tersebut, dan hidupkanlah Hospot WiFi Portable ponsel android yang akan di gunakan untuk kamera CCTV, Hospot WiFi Portablenya di kasih password misalnya 12345 dan juga di kasih nama misal Tiga Serangkai.

Langkah Kedua:
Hidupkan laptop yang kalian punya, dan sambungkanlah laptop dengan Hospot WiFi Portable ponsel Android kalian, cara menyambungkannya adalah:
1. klik icon Sinyal yang berada di menu taskbar/bawah sebelah kanan, seperti gambar di bawah ini.


2. klik nama Hospot WiFi Portable yang sudah kalian buat tadi dan masukan passwordnya, dan tunggu hingga tersambung(Connected)
Jika sudah kalian sambungakan, masuk ke Browser yang ada di laptop kalian, terserah broswer yang mana saja, misalnya, Google Chome, Mozila Firefox, Browser Opra dan lain lain. yang berada di laptop. buka aplikasi IP Webcam yang berada di Ponsel android kalian tadi, masuk ke "start server". Alamat IP yang sudah di salin tadi silahkan kalian masukan/cari di Browser yang kalian buka di laptop lalu tekan Enter. seperti gambar di bawah ini.


Setelah tampilannya menjadi seperti diatas kalian klik pada bagian Video renderer, klik "flash" dan lihat apa yang terjadi, ponsel android anda telah tersambung dengan laptop yang anda punya, silahkan letakan ponsel android kalian di tempat yang tersembunyi untuk melihat situasi keadaan suatu tempat, ingat laptop sebagai media melihat video dan ponsel androidnya sebagai kameranya. dan satu lagi saya ingatkan jangan gunakan untuk mengitai hal hal yang tidak baik, resiko di tanggung sendiri.

Jangkauan dari kamera CCTV ini cukup luas, tidak menggunakan kabel dan data/paketan (kuota), alias gratis. tapi jika ponsel android kalian ngedrop/kahabisan baterai kalian harus mengulangi cara tadi, jadi jangan sampai ponsel android anda ngedrop/kehabisan baterai, saya sarankan jika melakukan cara ini, ponsel android dan laptop harus sambil dicas agar beterainya tidak habis.

Baiklah sekian artikel saya tentang Cara membuat ponsel android menjadi kamera CCTV, mohon maaf bila ada salah kata dalam artikel ini, karena saya masih pemula dalam menulis artikel sendiri, semoga artikel yang saya buat bermanfaat sebagaimana mestinya, dan terima kasaih kepada kalian yang sudah mengunjungi blog kami, jika ada masalah yang kurang di pahami silahkan hubungi kami melalui via Contact Us.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara membuat ponsel Android menjadi kamera CCTV"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel yang dibahas, mohon maaf kepada komentator yang nama dan isi komentarnya tidak sopan dan mengandung link aktif, tidak akan ditampilkan!