7 Tips meraih sukses menghadapi Ujian

TandoesNet.com - Artikel tentang Tips meraih sukses menghadapi Ujian, Apakah perasaan kalian saat mendengar kata UJIAN? takut, suka, jengkel, khawatir atau lain sebagainya. Sama juga seperti admin karena admin juga masih pelajar, ujian adalah hal yang sangat menakutkan bagi admin, dimana seluruh siswa akan dites kamampuan belajarnya sampai dimana.


Tetapi kalian tidak perlu khawatir lagi saat mendengar kata tersebut, sebenarnya untuk mendapatkan kunci sukses menghadapi ujian itu tidaklah sulit. Berdasarkan hasil survey terdapat 2 faktor utama yang menentukan keberhasilan dalam menghadapi ujian. Faktor tersebut ialah faktor teknis dan faktor non teknis. Yang termasuk dalam faktor teknis ialah belajar, tahap belajar ini meliputi serangkaian proses seperti, membaca, menghafal, memehami, berlatih dsb. Tetapi menurut admin belajar saja tidak cukup untuk meraih keberhasilan dalam ujian.

Akan tetapi, tahukah kalian faktor teknis ini hanya mencakup 75% dari 100% agar kalian berhasil dalam ujian, Lho yang 25% nya kemana? sisa 25% nya meliputi persiapan fisik, mental, ketelitian dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa tips sederhana dan bermanfaat yang perlu di perhatikan untuk mendukung faktor non teknis ketika menghadapi ujian.

1. Parsiapkan Fisik Kalian

Ini tips yang paling utama dalam meraih kesuksesan dalam menghadapi ujian yaitu fisik, untuk apa jika kalian bersusah payah belajar dari pagi sampai malam berharap bisa lulus ujian dengan baik kalo kalian tidak menjaga kesehatan, jika fisik kalian kurang baik otomatis tubuh kalian tidak bekerja secara maksimal, dan ini bisa mengganggu kalian saat menghadapi ujian.

Konsentrasi prima sangat dibutuhkan ketika mengerjakan soal ujian, agar bisa berkonsentrasi secara berkesinambungan, maka di perlukan fisik yang sehat dengan mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna dan dianjurkan berolahraga secara teratur. Selain itu tidurlah minimal 8 jam menjelang ujian agar tidak mengantuk ketika mengerjakan soal ujian.

2. Lakukan Persiapan Mental 

Tidak kaliah penting ialah persiapan mental. Aturlah emosi agar tetep tenang, hindari perasaan tegang, cemas, khawatir sebab jika tidak mampu mengatur perasaan tersebut, maka akan mengganggu konsentrasi dan memberikan dampak negatif. Salah satu cara untuk mengendalikan emosi ialah dengan berdoa.

3. Periksa Soal

Disaat kalian sedang menghadapi ujian periksa juga kelengkapan soal dan kertas jawaban kalian. Periksalah kertas jawaban kalan, kertas jawaban harus diterima dalam kondisi bersih, rapi dan tidak boleh terlipat, mintalah kertas jawaban baru kepada pengawas apabila kondisinya kotor, rusak atau terlipat.

4. Baca Perintah Ujian

Bacalah perintah ujian dengan baik dan tidak terburu - buru, sebab sering kali mengabaikan perintah menjawab soal membuat kalian salah dalam memberi atau memilih jawaban.

5. Kerjakan Soal dari yang Termudah

Kerjakan soal dari yang kalian anggap paling mudah terlebih dahulu, lalu teruskan ke tingkat yang lebih sulit. Kerjakan soal soal yang ada dengan tenang dan tidak terburu - buru. Untuk soal pilihan ganda, berhati hatilah ketika melingkari, jangan sampai satu nomor terisi dua kali, hal itu bisa terjadi saat kalian merasa terburu buru saat mengerjakan ujan, karena melihat teman teman kalian sudah mengumpulkan lembar jawaban ke pengawas.

6. Sisihkan 5% dari Total Waktu untuk Periksa Kembali Jawaban

Periksa kembali seluruh jawabanmu mulai dari kolom identitas, nomor ujian, dan jawaban. Jangan terpengaruh oleh teman yang sudah lebih dahulu keluar. Pastikan lembar jawaban kalian bersih, tidak ada bekas coretan dan serbuk penghapus yang tertinggal.

7. Tutup dengan Doa

Ucapkan rasa terima kasih kalian kepada tuhan karena sudah membimbing kalian selama proses ujian.

Nah itulah tips meraih sukses menghadapi ujian, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin menghadapi ujian, dan juga jangan lupa untuk berdoa kepada tuhan agar selalu di bimbing dalam proses ujian, sekian dan salam..

Catatan:
Jika kalian semua para gamer yang mau menonton video video saya bermain game silahkan kunjungi chanel youtube saya "Damonidaz" disana ada berbagai macam video video gaming yang seru yang akan saya mainkan, jangan lupa juga untuk tekan like, komen dan subscribe, Ok!!.... 

Postingan terkait: