Sejarah Balon Udara

TandoesNet.com - Artikel tentang Sejarah Balon Udara, kali ini TandoesNet.com akan memberi tahu kalian tidak hanya tentang tips & trik melainkan tentang pendidikan juga seperti tentang sejarah, kita sebagai manusia juga harus menetahui berbagai macam sejarah sejarah pada masa lalu tentang apa yang di ciptakan manusia, seperti halnya Balon Udara. Sejarah yang harus kita ketahui tentangnya, karena balon udara adalah sebuah penemuan yang sangat luar biasa, sebuah balon yang mampu mengerbangkan orang, bahkan orang terkenal sekalipun, maka dari itu kita lihat sejarahnya yuk!..
Sejarah Balon Udara



Balon Udara dikembangkan oleh Joseph-Michel Montgolfier dan adiknya Jaques Entiene Montgolfier dari Annonay, Prancis, Montgolfies bersaudara adalah ilmuan yang hidup pada abad ke-18 dan berasal dari keluarga pembuat kertas. Pada suatu hari mereka memperhatikan bahwa potongan kertas diatas nyala api dapat terbawa asap sampai ke atas cerobong. Mereka menyimpulkan bahwa asap memiliki beberapa unsur yang dapat mengangkat benda naik ke atas.

Percobaan mereka semakin berkembang terus sampai pada bulan Juni 1783, mereka berhasil membuat sebuah balon udara berbentuk oval berukuran 112 kaki yang dipanaskan dengan sebuah tungku. Balon udara ini dapat naik setinggi 1000 kaki. Balon udara ini bukan hanya terbang mengikuti angin, tetapi juga sudah dapat dikendalikan manusaia. Balon udara Montgolfier bersaudara bergerak naik ke udara dengan membakar wol dan jerami dan mampu terbang sejauh 9 km dalam waktu 23 menit.

Pada tanggal 21 November 1783, balon udara Montgolfier bersaudara berhasil menerbangkan Jean-Francois Pilatre da Rozler Laurent dan Marquis d'Arlendes di langit Paris. Atas kesuksesan yang mereka raih, kerajaan Prancis malalui Raja XVI memberikan gelar bangsawan secara turun temurun dengan sebuten d'Montgolfier kepada dua bersaudara itu.

Pada tahun 1911-1912 ahli fisika dari Austria, V.F. Hess, juga membuat balon udara yang terbang di ketinggian 5 km. Pada 27 Mei 1931, auguste Piccard dan Paul Kipfer mendisain balon udara dengan memberikan tekanan pada kabin agar dapat terbang. Balon udara itu di kembangkan lagi oleh Jean-Filix Piccard dengan menggunakan balon plastik dari rangkaian Potythylene Skyhook yang bisa digunakan Angkatan Udara AS.

Malcom Ross dan Victor Prather pada 5 April 1961 berhasil menerbangkan balon udara pada Oktober 1972, Balon Winzen yaitu balon udara berbentuk kubus tanpa awak berhasil terbang sampai ketinggian 51,8 kilometer di Chico, California, AS dan merupakan rekor terbang tertinggi yang di capai balon udara.

Pada tahuan 80-an sampai tahun 90-an balon udara digunakan untuk iklan dengan bentuk bentuk khusus sesuai jenis produk yang dipesan. Pada abad ke-19, balon udara telah digunakan sebagai sarana rekreasi udara untuk melihat lihat keindahan alam dan bahkan digunakan militer untuk mengintai dari udara.

Bagaimana gan, sekarang kalian sudah tahu kan sejarahnya, bagaimana caranya Balon Udara tercipta. Sekian dulu artikel admin tentang Sejarah Balon Udara, semoga atrikel yang admin tulis bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan juga terima kasih kepada kalian yang sudah mengunjungi blog kami. karena setiap kunjunan anda ke blog kami adalah kehormatan besar bagi kami. sekian dan salam.

Catatan:
Jika kalian semua para gamer yang mau menonton video video saya bermain game silahkan kunjungi chanel youtube saya "Damonidaz" disana ada berbagai macam video video gaming yang seru yang akan saya mainkan, jangan lupa juga untuk tekan like, komen dan subscribe, Ok!!.... 

Postingan terkait: